September 24, 2012

Say NO to Blogger PLAGIAT

Hari ini tepatnya pukul 17:14, saya putuskan untuk menjelajah di dunia maya setelah sebelumnya saya berhasil membuat peta sumatera dengan iler (tidur). Saya memutuskan untuk membuka Facebook dan segara meluncur dan terjun bebas ke grup blogger tercinta yaitu Blogger Energy. Disana saya bisa menemukan manusia-manusia paruh baya yang sedang kehilangan anak cucunya.

September 14, 2012

Kemeriahan PON ke-XVIII Tetap Terasa, Walau Banyak Minus-nya

Kangen banget nih sama Mungkin Blog, udah lama juga gak blogwalking ke blog teman terutama Blogger Energy. Terkait insiden kehilangan netbook kesayangan, akhirnya blog ini terlantar beberapa hari. Saya rela dan ikhlas, semoga yang maling tuh netbook di eek-kan burung elang ntar siang sampai numpuk eeknya di atas kepala tuh orang #eh? Gak lah, gak boleh kayak gitu, saya do’akan yang terbaik aja deh, semoga yang maling tuh netbook bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Tidak perlu mengingat yang galau, kacau dan membuat risau. Kali ini saya akan bercerita tentang kemeriahan yang sedang terjadi di Riau, khususnya di Kota Pekanbaru.

September 09, 2012

September 07, 2012

Domain Baru, Semangat Baru

Domain Baru, Semangat Baru
Setelah saya pikir-pikir, sudah lama juga saya jadi siluman babi. Saya tak mau lagi ngepet malam ini. *ini apa sih? Sudah 3 tahun lebih saya berkecimpung di dunia perbloggeran. Sempat satu tahun vakum, tapi akhir-akhir ini semangat saya untuk ngeblog tambah mendebu-debu. Ditambah lagi motivasi, support dan inspirasi dari teman-teman Blogger Energy. Hal ini membuat saya tak ingin vakum apalagi berhenti untuk menulis diblog ini. Walaupun tulisan saya tak sebagus dan seindah mutiara di tengah lautan.

August 24, 2012

Hanya Sekedar Lamunan Di Kala Hujan

Siang itu hujan mengguyur Desa Pulau Aro dan sekitarnya.  Saya lebih memilih untuk menikmati sejuknya percikan hujan di bangku depan rumah. Sekeliling saya dapat merasakan betapa segar dan nyamannya tinggal dikampung halaman. Udara segar dan pemandangan nan indah. Deraian air hujan dan aliran air ditanah nan subur, membuat saya benar-benar nyaman. Desa ini adalah tempat saya dilahirkan. Liburan hari raya membuat saya berkesempatan untuk kembali pulang. Saya hanya ingin menikmati saat-saat indah ini sebelum saya harus kembali dengan keriwetan di kota.

August 21, 2012

Award Pertama "Blogger Support"

Sebelum memulai postingan ini, terlebih dahulu saya ingin menyampaikan sesuatu.  Begini, setelah sebelumnya saya sempat bingung dalam memilih kata ganti “iva” untuk bercerita di blog ini, akhirnya  telah diputuskan bahwa mulai sekarang saya akan tetap menggunakan kata ganti “saya” disetiap postingan Mungkin Blog. Saya rasa kata ganti “saya” memang paling pas bagi saya, seperti sebelum-sebelumnya. Terserah deh mau pada berkomentar apa, tapi yang pasti itu merupakan kata ganti yang paling sreg. Dan yang pasti, gue = aku = saya = Iva kan?

Hmm sudahlah, mari menuju topik pembicaraan yang sesungguhnya.

August 18, 2012

Gue = Aku = Saya = Iva = AMBO

Gue = Aku = Saya = Iva = AMBO
Terkadang gue sering bingung, gue bingung harus pilih yang mana. Gue, Aku atau Saya? Gue sering banget baca postingan blognya edotz, dia  gunakan “gue” sebagai kata ganti untuk menyebut dirinya sendiri. Jujur saja gue rasa penggunaan “gue” di blog edotz membuat gue jadi ngerasa nyaman banget pas baca blog dia. Bukan cuma nyaman, gue juga merasa lebih santai dan berasa seperti anak gaol gituh.

August 10, 2012

Asas-asas dan Cabang-cabang Ilmu Ekologi (Pengetahuan Lingkungan)

Asas-asas dan Cabang-cabang Ilmu Ekologi (Pengetahuan Lingkungan)
Pengalaman paling mengesankan disemester lalu (semester 4) adalah mempelajari dan mengikuti mata kuliah pengetahuan lingkungan. Saya pun tidak tahu apa kaitannya antara jurusan matematika dan pengetahuan lingkungan. Ikuti saja jalur yang ada, walaupun saya tidak suka pelajaran yang berupa ilmu-ilmu tak pasti seperti itu. Dunia serasa berputar-putar ketika saya membaca buku tentang pengetahuan lingkungan atau biasa disebut ekologi. Membosankan..!!! Tapi tak mengapa, karena ini merupakan kewajiban bagi seorang mahasiswa, walaupun di mata kuliah ini tak terdapat rumus matematika. Hasilnya tidak begitu buruk, nilainya baik dan itu membuat saya happy. Berikut merupakan pokok pembahasan saya dan partner saya hanya rini di mata kuliah ini. Sebenarnya kami tidak mengerti, tapi setidaknya kami sudah berusaha untuk tampil dan menjawab pertanyaan audience saat presentasi di mata kuliah ini. >_<

August 07, 2012

Contoh Proposal Penelitian (Profesi Kependidikan)

Contoh Proposal Penelitian (Profesi Kependidikan)

Setahun yang lalu, membuat sebuah proposal sederhana merupakan tugas akhir untuk mata kuliah Profesi Kependidikan. Sebenarnya saya tidak memahami dan dapat dikatakan buta dengan yang namanya proposal. Namun, tidak menyurutkan semangat untuk menyelesaikan tugas tersebut. Akhirnya sangat bahagia dengan nilai yang memuaskan. Walaupun sederhana, setidaknya saya sudah pernah membuat sejenis  proposal yang tidak diketahui benar atau tidaknya. 

August 04, 2012

Contoh Media Pembelajaran Matematika (Bangun Ruang dan Geometri)

Menjadi seorang guru yang profesional, dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan metode, model, media dan strategi pembelajaran. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sebuah contoh media pembelajaran matematika (Bangun Ruang dan Geometri). Media pembelajaran ini merupakan sebuah tugas yang telah saya tuntaskan dalam mata kuliah teknologi informasi dan komunikasi di semester 4 lalu. Seorang guru juga harus mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam profesinya.

August 03, 2012

Keindahan Aro Island, Kampung Halamanku

Desa tempat kelahiranku bernama Desa Pulau Aro, jika di terjemahkan kedalam bahasa inggris berarti aro island *maksa. Desa pulau aro terletak di Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Desa pulau aro memiliki 3 dusun yaitu dusun pulau-pulau, dusun teratak padang, dusun poriang. Desa pulau aro memiliki beberapa buah jalur yaitu: Simpati, Taruna Muda, Tuah Inayan, Cinto Mani dan apalah itu namanya. Apo keindahan dan yang menarik di Desa Pulau Aro?

Contoh Laporan Observasi Proses Pembelajaran Matematika

Contoh Laporan Observasi Proses Pembelajaran Matematika
Semester 4 telah berakhir, empat nilai sudah keluar dengan hasil yang memuaskan. Entah bagaimana nasib mata kuliah yang selebihnya. Segala usaha dan pengorbanan telah dilakukan, kini tiba saatnya berdo'a untuk yang terbaik. Satu hal yang paling saya ingat tentang pengorbanan di semester lalu. Ketika itu diberikan sebuah tugas mata kuliah Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Tugasnya berupa melihat dan mengobservasi proses pembelajaran di sebuah sekolah. Huuaah..semuanya mengakibatkan stress jangka pendek bagi saya. Saat itu saya ditugaskan untuk melakukan observasi bersama Hanya Rini.

July 30, 2012

Pelita itu adalah Mereka (Pendidik)

Masih teringat saat itu, ketika rumah kami hanya terbuat dari kayu dan papan. Berdiri tegak ditengah-tengah perkebunan, atau mungkin bisa disebut hutan. Rumah dinas itu terletak tepat didepan sebuah sekolah dasar, tempat dimana kedua orang tua saya mengabdi sebagai pendidik. Hanya kicauan burung dan desiran angin laut yang menyadarkan lamunan saya saat itu. Tidak ada yang dapat saya lakukan, karena saya hanya seorang anak ingusan yang masih berumur 7 tahun.

July 20, 2012

Teknologi Digital untuk Promosi Adat Budaya dan Pariwisata Indonesia

Pada era globalisasi seperti saat sekarang ini, dapat dikatakan bahwa hanya secuil atau bisa dianggap tidak ada manusia yang tidak tahu apa itu teknologi. Secara langsung maupun tidak langsung, sadar maupun tidak sadar, mayoritas penduduk Indonesia telah menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Kehidupan dan kelangsungannya sudah sangat berikatan erat dengan teknologi. Sebelumnya saya ingin bertanya kepada sobat sekalian, Apa itu Teknologi? Apakah sejenis makanan atau minuman? Mungkinkah itu sebuah benda? Atau sejenis trend model pakaian? Hahahaha sepertinya tambah ngawur saja artikel ini. Oke langsung saja kita pelajari bersama mengenai pengertian teknologi, digital dan teknologi digital. Check It Out..!

July 04, 2012

Inovasi Susu yang Sehat dan Halal: Dulu dan Sekarang

Senang sekali rasanya saat saya menemukan beberapa ide untuk ditulis di blog saya kali ini. Untuk kali ini saya akan membahas tentang Susu Inovasi yang Sehat dan Halal untuk Pertumbuhan anak. Untuk lebih rincinya sesuai judul, saya akan membahas Inovasi Susu Sehat dan Halal: Dulu dan Sekarang. Inovasi terhadap susu pertumbuhan anak tidak hanya muncul saat zaman modern, namun inovasi ini juga muncul saat zaman dulu. Disaat itu inovasi muncul tanpa teknologi canggih dan yang pasti hasilnya juga tak secanggih dan sebaik susu pertumbuhan yang ada saat ini. Zaman itu merupakan saat nenek buyut saya memiliki anak yaitu nenek saya. Ah..sudahlah, kita tidak perlu membahas lebih lanjut tentang nenek buyut atau nenek saya. Mari simak bersama-sama perbedaan Susu Inovasi Zaman Dulu dan Sekarang. Check It Out..!!!