May 22, 2020

Gulai Cipuik, Masakan Tradisional Khas Kuantan Singingi


MUNGKINBLOG.COM - Berbicara soal kuliner, Indonesia memang juaranya. Dengan kayanya akan rempah dan bumbu menjadikan Kuliner Indonesia menjadi sangat beragam. Di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau salah satunya. Ada sebuah masakan tradisonal yang berbahan utama siput atau dalam dialek Kuansing disebut cipuik
Siput yang digunakan untuk masakan tradisional ini yaitu siput atau yang biasa disebut keong sawah. Biasanya sering ditemukan di rawa atau di sawah. Ada yang menganggap siput ini merupakan hama padi. Namun, bagi masyarakat Kuansing bisa menjadi bahan masakan yang sangat lezat. Bahkan sudah ada yang membuka usaha ternak cipuik ini.

Siput atau cipuik ini akan diolah menjadi masakan tradisional dalam bentuk gulai. Sehingga sangat familiar dikenal dengan Gulai Cipuik. Tidak terlalu mudah menemukan sajian khas ini di rumah makan. Hanya beberapa rumah makan saja yang menyediakan menu ini, karena proses masaknya yang terbilang cukup rumit. 

Gulai Cipuik ini sering kali disajikan untuk lauk pauk sehari-hari, acara peringatan atau bahkan untuk menyambut kehadiran keluarga atau tamu dari luar daerah. Gulai Cipuik biasa dimasak dengan terong asam atau bisa juga dengan nangka. Sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih menggugah selera.

Uniknya Gulai Cipuik bisa disedot langsung tanpa harus dicongkel menggunakan garpu atau sumpit. Hal ini dikarenakan, sebelum diolah cangkang cipuik bagian ujungnya sudah dipotong terlebih dahulu. Tapi banyak juga orang atau wisatawan dari luar Kuansing yang tidak bisa memakannya dengan cara disedot. Hehe ada teknik tersendiri sih. Anak Kuansing pasti bisa. 

Nah, buat kalian yang penasaran. Ini nih ada salah satu video youtuber Kuansing yang memberika tutorial masak Gulai Cipuik. Silakan dicoba. HHmm yummy.

Previous Post
Next Post

0 komentar: